Project to Change

NTT sebagai Provinsi termiskin di Indonesia membutuhkan perhatian dan bantuan terbanyak. Oleh karena itu Tangan Pengharapan mengadakan berbagai program untuk membantu masyarakat NTT keluar dari kemiskinan:

Galeri Video P2C

Beras Untuk Berubah

Tangan Pengharapan hadir melalui program “Beras Untuk Berubah”, sebuah program bantuan beras gratis untuk desa-desa miskin yang sulit bahan pangan di Nusa Tenggara Timur. Dalam program ini, Tangan Pengharapan memberikan 10 kg beras gratis per kepala keluarga. Melalui program ini, Tangan Pengharapan berhasil mengumpulkan lebih dari 3000 Kepala Keluarga (11,700 jiwa) setiap bulannya, untuk diberikan penyuluhan kesehatan, perbaikan mentalitas dan pola hidup, berbagai program pemberdayaan masyarakat seperti pertanian, peternakan, cara mendidik anak dan mengadakan perlindungan bagi wanita dan anak-anak.

Selain mengadakan penyuluhan, Tangan Pengharapan juga membagikan bibit sayuran dan buah untuk ditanam dan bibit ternak, yang diharapakan masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga dapat mengeluarkan mereka dari kemiskinan.

Galeri Video Samaritan Project

Perubahan Pola Hidup & Mentalitas

Tangan Pengharapan memberikan berbagai penyuluhan tentang Cara Hidup Sehat seperti: “Jangan Membuang Ludah Sembarangan”, “Jangan Membuang Air Kecil / Besar di Hutan”, “Pentingnya Memakai Alas Kaki Untuk Mencegah Penyakit Frambusia” dan lain-lain.

Untuk mengantisipasi aksi kekerasan yang kerap terjadi pada anak-anak di NTT, Pimpinan Tangan Pengharapan memberikan petuah berulang-ulang untuk masyarakat mengasihi anak-anak dan memperhatikan masa depan mereka. Berbagai pengajaran cara mendidik anak diberikan seperti: “Jangan Memukul Anak-anak di Kepala”, “Jangan Menyiksa Anak”, “Jangan Memaksa Anak-anak Usia Sekolah Untuk Ikut Bekerja”, “Hentikan Pemerkosaan” dan lain sebagainya.

Sejak pelaksanaan program ini di tahun 2012 pemerkosaan dan pencurian telah berkurang drastis. Orang tidak lagi makan ‘Putak’ (inti batang pohon)

Pembanguan Rumah Sederhana

Rumah adat NTT yang disebut “Rumah Bulat”, berukuran 2x2m, terbuat dari kayu dan alang-alang, tertutup tanpa jendela dan berpintu kecil 60x80cm amat jauh dari konsep SEHAT. Melihat kebutuhan tersebut, Tangan Pengharapan mengadakan program pembangunan Rumah Sederhana bagi masyarakat pra sejahtera di Timor Tengah Selatan – NTT yang masih tidur di atas tanah.

Galeri Video Rumah Sederhana

Pembangunan Fasilitas MCK Umum
Tangan Pengharapan membuat fasilitas MCK umum sebagai alternatif positif untuk melatih masyarakat NTT agar tidak membuang air sembarangan. Di samping itu, Tangan Pengharapan juga membuat bak penampungan air, kamar mandi dan toilet di setiap titik mata air di setiap daerah yang termasuk dalam program bantuan Beras Untuk Berubah.

Penggalian Sumur / Pengadaan Air Bersih

Tangan Pengharapan mengadakan air bersih yang menjadi kebutuhan masyarakat. Hampir semua bagian di wilayah Timur Tengah Selatan mengalami kekeringan sepanjang tahun dan sulit mendapatkan air bersih. Mereka hanya mengandalkan air hujan dan anak-anak harus berjalan jauh untuk mendapatkan air.